What's Happening

3 Brand dengan teknik pewarnaan indigo yang patut kamu lirik

3 Brand dengan teknik pewarnaan indigo yang patut kamu lirik

Kalian tahu tanaman jenis indigofera? Tanaman yang digunakan sebagai pewarna alami dengan warna biru yang khas ini lebih dikenal dengan nama pewarna Indigo atau Indigo dye. Sebenarnya masyarakat Sunda menyebutnya dengan tarum, sementara di Bali disebut taum.

Indigo dye terkenal dengan aplikasinya yang tidak selalu merata. Namun ternyata ketidaksempurnaan indigo dye ini yang justru menyihir mata sebagian penikmat fashion dalam negeri.

Terbukti dengan beberapa local brand yang menggunakan teknik pewarnaan indigo dalam produknya. Mungkin kamu juga punya sebagian produk ini. Nggak percaya? Coba, yuk lihat beberapa local brand yang menerapkan pewarnaan indigo di produknya:

1. Kana (@kanagoods)

Kana Goods didirikan tahun 2013 oleh Sancaya Rini. Jenama ini menghidupkan teknik pencelupan kain yang menggunakan bahan-bahan alami kepada masyarakat dan terutama anak-anak muda. Proses pembuatan yang memakan waktu dan hanya dengan tangan manusia membuat kualitas Kana Goods sangat bagus dan sebanding dengan harganya.

Baca juga: 6 Cara terbaik menggunakan kaus bergambar

2. Bluesville (@bluesville)

Pertama memperkenalkan diri lewat komunitas Darahku Biru, Bluesville kian dikenal hingga sekarang. Tak heran, karena mereka menawarkan produk yang masih bisa dinikmati semua orang. Mereka membuat basic stuff yang sedikit mengesampingkan trend fashion namun tetap sesuai dengan kultur orang Indonesia.

Selain pewarna utama Indigo, Bluesville juga berkutat dengan pewarna lain seperti dari manggis, keluarga terminalia, kayu-kayuan, clitoria ternatea, dan lain sebagainnya.

3. Batu Dyedgoods (@Batu_dyedgoods)

Batu Dyedgoods adalah brand Jakarta yang berkonsentrasi pada pewarnaan indigo dan pewarna alami lainnya. Mereka beberapa kali melakukan workshop proses pewarnaan dengan indigo dan juga melakukan layanan seperti pewarnaan sepatu untuk kanvas dan kain suede. Saat ini Batu berkolaborasi dengan Superga, yang kalian bisa dapatkan di Superga Lotte Shopping Avenue.

Lihat Bagaimana semakin kreatifnya brand-brand lokal saat ini. Mereka akan semakin berkembang ketika kita mengapresiasi apa yang mereka buat dengan proses yang panjang dan tak mudah.

Ayo bangga kenakan brand lokal!

Baca juga: Menghemat belanja baju dengan konsep slow clothing movement

Sumber foto: Pixabay

3 Brand dengan teknik pewarnaan indigo yang patut kamu lirik was last modified: January 22nd, 2019 by Gadis Nakal