What's Happening

#MovieDate: 100% Manusia Film Festival, soroti hak asasi manusia dan inklusifitas

#MovieDate 100% Manusia Film Festival, soroti hak asasi manusia dan inklusifitas

Sudah tahu 100% Manusia Film Festival? Festival film ini hadir di tahun keduanya pada tanggal 14- 23 September 2018 dengan memutar 87 film dari mancanegara dan lokal yang berfokus pada kisah- kisah menyentuh tentang hak asasi manusia, keberagaman, gender dan difabilitas.

Isu hak asasi manusia memang kadang jadi terasa terlalu sensitif, oleh karena itu harus ada platform kreatif untuk membahas isu tersebut; dan film jadi salah satu pilihan. Lewat film, pesan bisa disampaikan kepada berbagai penonton dengan latar belakang yang juga berbeda-beda.

100% Manusia Film Festival menjadi sebuah perayaan atas kekuatan berbagai bentuk seni, terutama seni film. Kali ini 100% Manusia Film Festival mengangkat tema inklusifitas yang mempunyai makna bahwa tidak ada satu sisi dari masyarakat yang menjadi eksklusif, melainkan semua menjadi satu dan setara dengan yang lain.

Baca juga: 6 Film ringan rekomendasi Stikynote untuk santai di rumah

“Tahun ini, 100% Manusia Film Festival kembali hadir dengan edisi kedua yang bertemakan inklusifitas. Tema ini kami pilih karena adalah penting bagi tiap orang untuk merasa diikutsertakan dalam skema besar kehidupan sembari menuliskan lakon hidupnya sendiri. Kami percaya kesetaraan adalah untuk semua dan hormat menghormati antar sesama merupakan hal yang mutlak. Beginilah cara umat manusia mempertahankan kemanusiaannya,” jelas Rain Cuaca, selaku Festival Director.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi Nasional Perempuan, Dr. Budi Wahyuni. “100% Manusia Film Festival merupakan ajang refleksi pengejawantahan HAM di masyarakat dan negara. Potret kehidupan yang sarat dengan stigma dan diskriminasi pada kelompok minoritas tergambar jelas. Dinamika berkehidupan dipotret dalam karya film berbingkai HAM, disajikan secara cermat sehingga bisa membawa pemirsa bertanya pada dirinya “siapakah saya?”, pelaku atau korban dari sistem yang belum mengedepankan HAM. Festival ini penting keberadaanya sebagai medium pencerahan melalui sutradara muda berjiwa sosial dalam karya profesional untuk menghapuskan kekerasan, khususnya kekerasan terhadap perempuan.”

Tema inklusifitas ini tersirat dalam kategori program 100% Manusia Film Festival, yaitu 100% Bhinneka yang menyajikan 27 film terpilih tentang keberagaman yang tidak hanya ada di Indonesia, tapi juga di dunia.

Ada beberapa kategori program lain seperti : 100% in Motion, 100% V for Venus, 100% XXS, 100% Voice Within, 100% Shatterproof, 100% Non-Conforming yang memutar film-film yang sudah diakui di kancah perfilman Internasional, maupun yang baru pertama kali ditayangkan di Indonesia. Coba tengok saja The Post dan Spotlight yang akan ditayangkan dan masuk kategori 100% in Motion.

Silakan lihat cuplikan film yang ditayangkan di sini.

Para penggemar film pendek patut menonton 100% BritShorts dan 100% Spanish Siesta. Selain itu, 100% Manusia Film Festival juga berkolaborasi dengan komunitas film Bali dalam program 100% Collaboration: Minikino dan festival film internasional seperti KASISH dan IAWRT. Layaknya festival film internasional lainnya, 100% Manusia Film Festival pun membuat dedikasi khusus pada karya-karya sutradara Inggris kenamaan Sally Potter dalam program 100% Retrospective: Sally Potter.

100% Manusia Film Festival akan diputar di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Indonesia, Kineforum, Paviliun 28, Goethe-Institut Indonesia, Institut Français Indonésia, Ke:Kini Ruang Bersama, Cinespace, Angsamerah, @america & Komunitas Salihara.

Beberapa film unggulan dalam 100% Manusia Film Festival tahun ini adalah Sonita, 20th Century Woman, Laut Bercerita, Breathe, dan Antologi Keluarga Ala Indonesia. Jadwalnya bisa dilihat di sini.

Semua film yang ditayangkan akan diikuti dengan diskusi bersama perwakilan dari film dan organisasi HAM di Indonesia.

#MovieDate: 100% Manusia Film Festival, soroti hak asasi manusia dan inklusifitas was last modified: September 14th, 2018 by Admin